Berikut Penjelasan “Cloud Computing” mari kita simak penjelasan secara berikut ini….

Cloud computing mungkin masih jarang terdengar bagi orang yang masih baru terjun di dunia It. Tanpa kita sadari keberadaan cloud computing di era digital kini sebenarnya telah terasa di tengah kehidupan masyarakat dan bahkan dalam kehidupan sehari-hari seperti penggunaan email dan juga media sosial.

Cloud computing bisa kita diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia “Komputasi Awan”, merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing. Namun sampai saat sekarang ini “mungkin” belum memiliki definisi ilmiah ataupun pengartian pokok yang jelas kecuali sebuah konsep pemahaman dalam rangka pembuatan kerangka kerja komputasi secara online lokal (LAN) maupun global (internet) dimana terdapat beragam aplikasi maupun data  dan media penyimpanan yang dapat diakses dan digunakan secara berbagi (shared service) dan bersamaan (simultaneous access) oleh para pengguna yang beragam – mulai dari perseorangan sampai kepada kelas pengguna korporasi atau perusahaan.

  • Kelebihan dan kelemahan
  1. Kelebihan :

Sebagai suatu teknologi baru pasti mengundang pro dan kontra, begitu juga dengan cloud computing. Pro dan kontra tersebut terjadi karena tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan yang ada dari sistem teknologi baru tersebut, berikut kelebihan dari cloud computing:

  • Kemudahan akses ini merupakan kelebihan yang paling menonjol dari cloud computing, yaitu kemudahan akses. Jadi kita tidak perlu berada pada suatu komputer yg sama untuk melakukan suatu pekerjaan, karena semua aplikasi dan data kita berada pada server cloud.
  • Fleksibilitas hampir sama seperti contoh di atas, data yg kita perlukan tidak harus kita simpan di dalam hardisk atau storage computer Dimanapun kita berada, asalkan terkoneksi internet, kita bisa mengakses data kita karena berada pada server cloud.
  • Penghematan (Tanpa investasi awal) Pastinya dengan adanya cloud computing, akan memungkinkan bagi perusahaan untuk mengurangi infrastruktur IT yang pastinya memerlukan investasi yang besar, baik berupa investasi hardware, software, maupun human resources
  • Mengubah CAPEX menjadi OPEX, CAPEX itu sendiri adalah Capital Expenditure (pengeluaran modal), sedangkan OPEX itu sendiri ialah Operational Expenditure (pengeluaran modal). Seperti kelebihan sebelumnya, ini masih seputar masalah keuangan. Jadi dengan menggunakan teknologi cloud computer ini, kita tidak harus melakukan pengeluaran modal, sebaliknya kita hanya melakukan pengeluaran operational.
  • Lentur dan mudah dikembangkan

2. Kelemahan

Komputer akan menjadi lambat atau tidak bisa dipakai sama sekali jika internet bermasalah atau kelebihan beban. Dan juga perusahaan yang menyewa layanan dari cloud computing  tidak punya akses langsung ke sumber daya. Jadi, semua tergantung dari kondisi vendor/penyedia layanan cloud computing. Jika server vendor rusak atau punya layanan backup yang buruk, maka perusahaan akan mengalami kerugian besar.

  • Komputer akan menjadi lemot  atau lambat atau tidak bisa dipakai sama sekali bila internet putus
  • Komputer akan menjadi lambat kinerjanya jika koneksi internet kita juga lambat
  • Komputer akan menjadi sangat lambat karena diakses oleh banyak pengguna sehingga server akan menerima banyak sekali permintaan
  • Jika tidak mempunyai backup yang handal maka hal terburuk ini akan timbul karena semua data berada di satu server pada cloud computing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *